:: Ini Dia Daftar Penyebab Sariawan ::

Ini Dia Daftar Penyebab SariawanCNI DC715 Sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang paling umum diderita oleh manusia. Berbagai keluhan pun dikeluarkan akibat sariawan yang dideritanya yang tidak sedikit diantaranya menganggap sariawan sangat menganggu aktivitas sehari-hari.

Dari sisi medis, sariawan disebut dengan stomatitis aphtosa recurrent (SAR). Sariawan terjadi karena adanya peradangan yang terjadi di mukosa mulut, seperti pipi, bibir, lidah, bawah lidah, dan cekungan antara pipi atau bibir dengan gusi.

Sariawan merupakan salah satu penyakit umum yang disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan, gangguan imunitas, hormonal, anemia, alergi, defisiensi nutrisi/vitamin, stres dan trauma, hingga gangguan percernaan.

Pola makan dan gaya hidup yang sembarangan juga kerap kali menyebabkan sariawan. Selama ini sariawan lebih dikenal banyak orang sebagai penyakit yang disebabkan karena kurangnya vitamin C. Padahal menurut, penyebab utama sariawan sebenarnya bukan mengenai vitamin C saja.

Kekurangan vitamin B juga bisa menyebabkan sariawan, seperti masalah anemia yang disebabkan karena kelelahan atau pun faktor hormonal ketika wanita mendapat haid misalnya. Oleh karena itu, langkah pencegahan sariawan tidak hanya dilihat sebatas pemberian vitamin, melainkan dilihat lebih jauh apa sebenarnya penyebab utamanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s