:: 7 Antikanker Alami yang Bisa Dijumpai di Dapur ::

7 Antikanker Alami yang Bisa Dijumpai di DapurCNI DC715 Rempah-rempah tak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, tetapi juga kerap digunakan sebagai sarana pengobatan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Meskipun belum banyak penelitian tentang manfaat langsung rempah-rempah dan herbal ini bagi pengobatan, sudah banyak fakta membuktikan bahan-bahan yang dipetik dari alam ini mempunyai dampak positif, termasuk untuk mencegah dan melawan kanker tanpa efek samping.

Situs http://www.dummies.com, menulis beberapa jenis bumbu dapur yang diyakini secara luas dapat membantu mencegah kanker:

Jahe
Siapa yang tidak tahu bahwa tanaman yang satu ini kerap dijadikan obat dan penghangat kala hujan tiba? Tak berhenti sampai di situ, ternyata selain menghangatkan, kandungan ginerol dan zingerone pada jehae juga membuat tanaman yang satu ini menjadi antioksidan dan antikanker alami lho!

Dengan dua kandungannya itu, jahe bahkan bisa melakukan autophagy yakni membuat sel-sel kanker memakan dirinya sendiri.

Kayu manis
Seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa masakan, rempah dapur yang satu ini ternyata mampu menekan perkembangan H. pylori dalam tubuh. H. pylori sendiri merupakan bakteri utama penyebab terjadinya kanker usus. Tak perlu terlalu banyak, cukup satu sendok teh setiap hari saja, bubuk kayu manis akan menjadi antikanker sekaligus melancarkan peredaran darah.

Kunyit
Curcumin adalah senyawa aktif yang ada dalam kunyit, yang dikenal luas mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang berpotensi melindungi sel tubuh terhadap perkembangan kanker. Suplemen ekstrak kunyit saat ini sedang dipelajari untuk melihat khasiat kunyit sebagai pencegah dan pengobatan beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, prostat, payudara, dan kanker kulit.

Cabai
Cabai mengandung capaisin, senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketika capaisin dioleskan pada kulit yang sakit, hal ini menyebabkan pelepasan bahan kimia yang disebut substance P sehingga mengurangi rasa sakit pada area tersebut. Dalam dunia pengobatan modern, capaisin kini digunakan sebagai bahan utama salep untuk mengobati nyeri neuropatik, yaitu nyeri yang sangat mengikuti jalur saraf setelah operasi kanker.

Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi dan merupakan sumber arigin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan bawang putih mengurangi risiko kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara. Tampaknya bawang putih dapat melindungi dari kanker melalui beberapa mekanisme, di antaranya menghambat infeksi bakteri dan pembentukan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA, dan menginduksi kematian sel. Bawang putih membantu detoksifikasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Pepermin
Pepermin telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengurangi gangguan pencernaan seperti kram perut, diare, mengurangi gas dan keracunan makanan. Pepermin berguna untuk menenangkan otot-otot perut dan meningkatkan aliran empedu sehingga makanan mudah dicerna dalam perut. Jika kanker atau pengobatan kanker menyebabkan sakit perut, cobalah minum secangkir teh pepermin yang sekarang ini bisa kita jumpai di supermarket.

Kamomil
Kamomil memiliki manfaat obat dan telah digunakan sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi, seperti masalah tidur. Cobalah minum teh kamomil sebelum tidur sehingga tidur Anda berkualitas. Kamomil juga bisa digunakan untuk obat kumur sebagai pencegah dan mengobati efek sariawan dari kemoterapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s