:: Diabetes Memengaruhi Kesehatan Otak ::

diabetes-memengaruhi-kesehatan-otakCNI DC715 Diabetes tipe 2 diketahui memengaruhi banyak kejadian gangguan kesehatan lainnya. Misalnya diabetes merembet pada penyakit hati, stroke, hingga penyakit jantung. Studi terbaru bahkan menemukan, diabetes turut memengaruhi kesehatan otak. Penderita diketahui memiliki kemampuan kognitif tertentu yang cenderung menurun terutama untuk menjalankan fungsi ekseskusi.

Studi yang dilakukan Universitas Waterloo ini menemukan hubungan diabetes dengan buruknya kinerja otak yang berhubungan dengan pengendalian emosi, perilaku, dan berpikir yang sering dikenal dengan fungsi eksekusi. Penderita kurang bisa mengontrol fungsi ini dengan baik.

Meski begitu, masalah penurunan fungsi eksekusi ini masih bisa untuk dibenahi. Peneliti mengatakan, beberapa hal dapat dilakukan agar membantu mengoptimalkan struktur otak yang mendukung fungsi eksekusi.

Kegiatan aerobik dan latihan kognitif yang menantang – seperti belajar hal-hal baru, memecahkan teka-teki yang sulit dan kegiatan pemecahan masalah lainnya – semua membantu menjaga otak Anda tajam,” kata Peter Hall, professor di Universitas Waterloo. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s