:: 7 Makanan Penjaga Prostat Tetap Sehat ::

yang-wajib-dimakan-saat-sedang-stresCNI DC715 Kesehatan prostat menjadi penting bagi pria lantaran semakin usia tua cukup rentan mengalami masalah ini. Gaya hidup tidak sehat saat muda dapat memicu penyakit pada prostat. Kanker prostat adalah jenis penyakit yang kerap mendatangi pria kala tua.

Beberapa makanan memang tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan oleh pria. Contohnya adalah kopi berkafein tinggi, makanan bertepung, daging merah, hingga kelebihan. Beberapa makanan tersebut tidak baik bagi prostat dalam jangka panjang.

Kebalikan dari itu, ada sejumlah makanan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan prostat. Dikutip dari laman Merdeka, inilah makanan sehat yang disarankan:

1. Kandungan lycopene pada tomat mempengaruhi prostat lebih sehat. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi tinggi tomat dapat mencegah seorang pria tercegah dari kenker prostat. Disarankan makan tomat dengan dimasak dahulu sebentara agar jumlah lycopene lebih tinggi.
2. Sayuran dari keluarga kubis ini memiliki antioksidan sulforaphene yang berguna dalam melawan radikal bebeas, termasuk untuk mencegah kanker prostat.
3. Jus delima. Mengonsumsi jus delima secara rutin dapat mencegah kanker prostat. Antioksidan yang dimiliki delima sangat kuat.
4. Sebuah studi menemukan jika asam lemak omega 3 dan omega 6 membuat prostat lebih sehat. Orang yang makan ikan minimal sekali dalam sepekan lebih terhindar dari kanker prostat.
5. Kandungan yang berguna untuk kesehatan protat dari alpukat adlah beta siterol. Zat ini berguna untuk mengurangi terjadinya pembesaran prostat. Di samping itu, zat tersbut membantu melancarkan urin, menguatkan sistem imun, dan mengurangi peradangan.
6. Biji wijen. Wijen punya kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi bagus untuk merawat prostat.
7. Dalam oatmeal terkandung selenium. Salah satu jenis mineral ini turut menjaga kesehatan prostat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s