:: Awas, Stres Menyebabkan Kanker Prostat! ::

awas-stres-menyebabkan-kanker-prostatCNI DC715 Sebuah studi menemukan bahwa cabang dari sistem saraf yang bertanggung jawab untuk stres berkaitan dengan munculnya kanker prostat. Mereka juga menemukan bahwa kandungan obat beta-blocker yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah dapat digunakan untuk melawan kanker pada pria.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa tumor dapat berkembang dan bermigrasi ke saraf. Jaringan saraf juga ditemukan di dalam dan sekitar tumor. Tapi sampai sekarang peran saraf pada kanker belum diketahui.

Penelitian terbaru yang dilakukan pada tikus dan manusia menemukan bahwa sistem saraf memiliki efek penting dalam perkembangan kanker. Salah satu cabang dari sistem saraf yang terkait dengan stres bertugas untuk menangkap tanda-tanda peningkatan denyut jantung dikaitkan dengan perkembangan kanker.

Para peneliti menemukan bahwa jaringan saraf memberikan dorongan kanker prostat untuk tumbuh. Hormon yang dihasilkan selama stres juga telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan hormon. Hormon mengikat molekul pada permukaan sel tumor dan memicu pelepasan bahan kimia yang menyebabkan kanker.

Sementara itu, jaringan saraf lain yang bertugas untuk menenangkan detak jantung juga memicu tumor untuk menyebar ke bagian lain dari tubuh, ini seperti dilansir Daily Mail (12/07).

Obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan stres yang disebut beta-blocker dikenal untuk menekan sistem saraf dan reseptor hormon yang memicu pembentukan kanker. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi penulis menjelaskan bahwa obat memiliki kemungkinan yang baik untuk digunakan untuk mencegah kanker prostat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s