:: Bukan Hanya Wanita, Tulang Rapuh Juga Mengancam Pria ::

Bukan Hanya Wanita, Tulang Rapuh Juga Mengancam PriaCNI DC715 Osteoporosis terlalu sering dianggap sebagai penyakit wanita yang tidak dapat dicegah atau bukan masalah kesehatan yang mendesak bagi pria.

Menurut laporan terbaru dari International Osteoporosis Foundation, sepertiga kasus patah tulang pinggul di dunia terjadi pada pria. Laporan juga menunjukkan bahwa dengan cedera tulang pinggul yang sama, pria dua kali lipat lebih mungkin meninggal dibandingkan dengan wanita.

Pria dan wanita sama-sama mencapai puncak kepadatan tulang pada umur 20-an. Lalu sama seperti risiko osteoporosis yang muncul pada wanita menopause akibat gejolak hormon, ketika pria memasuki umur 60-an perubahan hormon juga akan membawa risiko osteoporosis pada pria.

Patah tulang akibat osteoprosis terjadi pada satu dari lima pria di usia 50 ke atas. Risiko patah tulang akibat osteoporosis seumur hidup pria di atas 50 tahun dikatakan dalam laporan mencapai 27 persen, lebih tinggi dari risiko kanker prostat.

Untuk mencegah risiko tersebut, pria harus mengonsumsi makanan tinggi kalsium, cukup terpapar sinar matahari, dan olahraga minimal empat kali dalam seminggu berdurasi setengah jam. (health.detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s