:: Manfaat Kalsium untuk Tubuh Manusia ::

Manfaat Kalsium untuk Tubuh ManusiaCNI DC715 Kalsium sendiri pada tubuh manusia terdapat sekitar 1 hingga 1.5 kg dengan 99%-nya terdapat pada tulang dan gigi, sementara 1% yang lain tersebar di dalam darah dan juga sel, dimana kalsium memiliki peran dalam berbagai proses metabolisme di dalam tubuh. Meski hanya 1% yang tersebar, namun jumlah itu sangat penting bagi tubuh, karena jika tubuh mengalami defisiensi maka kalsium dari tulang dan gigi lah yang akan diambil untuk mengisi kekurangan tersebut.

Mencegah Obesitas.
Jika tubuh sampai kekurangan kalsium maka hormon parathyroid akan dilepaskan sehingga proses produksi lemak akan terstimulasi. Tidak hanya itu, dengan dilepaskannya hormon parathyroid maka proses penguraian lemak akan dihambat. Kedua kondisi itu mendukung untuk terjadinya kegemukan pada manusia. Jadi, pastikan asupan kalsium Kamu sesuai dengan kebutuhan.

Melindungi otot jantung.
Kadar kalsium yang cukup dalam tubuh memastikan agar kontraksi dan relaksasi otot jantung tetap sesuai dengan porsinya. Jika kadar kalsium ada di batas rendah maka hormone kalsitrol akan dilepaskan oleh tubuh sehingga akan menstimulasi otot-otot halus pada pembuluh darah arteri, oleh karenanya tekanan darah akan meningkat.

Mencegah kanker kolon (usus besar).
Suplemen kalsium dapat mengurangi resiko adenomas, yaitu precursor dari terjadinya kanker kolon. Tubuh akan menyerap kalsium untuk memenuhi kebutuhannya pada daerah intestine, sementara jika ada kelebihan kalsium maka di kolon/usus besar kalsium akan berikatan dengan senyawa yang dapat menimbulkan kanker sehingga akan dikeluarkan dari tubuh.

Mencegah munculnya gejala Premenstruasi.
Asupan kalsium yang cukup mampu mencegah munculnya berbagai gejala yang mengiringi masa menstruasi kaum hawa seperti pusing, perubahan mood yang drastis, hipertensi dan sebagainya. Hal tersebut karena diketahui bahwa kandungan kalsium tubuh yang rendah akan memicu dilepaskannya hormone yang menyebabkan munculnya perubahan mood atau gejala premenstruasi lainnya.

Menjaga Keseimbangan pH tubuh.
Junk food, asupan gula yang berlebihan dan jenis makanan lainnya akan membuat tubuh memiliki pH asam. Keadaan tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti kanker, batu ginjal dan hipertensi. Jadi, dalam hal ini kalsium menjaga pH tubuh agar Kamu tetap sehat.

Mengurangi resiko terjadinya hipertensi.
Berdasarkan penelitian, asupan makanan yang mengandung kalsium menunjukkan khasiat dalam mencegah terjadinya hipertensi.

Memelihara kesehatan gigi dan gusi.
Kalsium melindungi gigi dengan menjaga kekuatan tulang rahang sehingga gigi tetap kokoh pada tempatnya dan bakteri tidak mudah menyerang.

Membantu proses pengangkutan nutrisi di dalam tubuh.
Kalsium membantu pergerakan nutrisi sehingga dapat dengan mudah melintasi membran sel.

Melenturkan otot.
Jika otot anda lentur maka kinerja otot anda akan maksimal dan membuat gerakan anda tidak kaku. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot.

Otak dan sistem syaraf membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi optimal.
Jika syaraf anda aktif maka anda akan memiliki kemampuan menerima rangsanagn yang aktifdan dapatsecar maksimal mengerjakan suatu hal

Melancarkan peredaran darah.
Peredaran darah yang lancar menyebabkan tidak terjadinya penyumbatan darah yang mengakibatkan penyakit jantung atau pemecahan pembuluh darah yang menyebabkan stroke

Menormalkan tekanan darah.
Jika tiidak terjadi penaikan atau penurunan darah maka tidak akan terjadi penyakit hipertensi ataupun darah rendah yang dapat menyebabkan dampak yang buruk jua pada kesehatan

Membantu pembekuan darah, tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka, akibatnya luka akan membusuk dan infeksi.

Meski hanya 1% kalsium yang beredar di tubuh, kecuali pada tulang dan gigi, tetapi ternyata manfaatnya begitu besar. Jangan sampai kita mengalami defisiensi kalsium, karena efeknya pasti akan sangat merugikan kesehatan tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s