:: 5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Gigi ::

5-kebiasaan-buruk-yang-bisa-merusak-gigiCNI DC715 Kapan terakhir kali Anda memeriksakan kesehatan gigi Anda? Hmm, masih banyak diantara kita yang belum benar-benar rutin memeriksakan kesehatan gigi ya kan? Jika memang kita tak memiliki cukup banyak waktu untuk memeriksakan gigi kita, ada baiknya kita melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Seperti yang dilansir oleh webmd.com, ada setidaknya 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi.

1. Kebanyakan Ngemil
Saat ngemil, saliva atau air liur yang dihasilkan akan lebih sedikit daripada saat makan besar. Apa akibatnya? Akibatnya adalah sisa-sisa makanan akan menempel di gigi dalam waktu yang lama, berjam-jam kemudian. Apalagi jika Anda suka makan camilan yang manis atau mengandung banyak gula. Jika Anda memang hobi ngemil, cobalah untuk selalu membersihkan atau menyikat gigi Anda setelah ngemil.

2. Minum Jus Buah
Jus buah memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan anti-oksidan. Sayangnya, kita masih sering memilih untuk minum jus yang dicampur dengan gula. Padahal buah suah memiliki kandungan gula yang cukup. Buah-buahan sudah manis, jadi jika Anda ingin minum jus buah, sebaiknya jangan menambahkan gula lagi ke dalamnya. Atau tambahkan air lebih banyak.

3. Membuka Bungkus atau Tutup Botol dengan Gigi
Gigi diciptakan untuk membantu kita mengunyah makanan dengan baik. Membuka tutup botol atau bungkus plastik dengan menggunakan gigi bisa membuat gigi kita retak atau malah patah.

4. Minum Soda dan Kopi
Soda bisa mengandung 11 sendok teh gula. Selain itu soda juga mengandung fosfat dan asam sitrat yang bisa menghilangkan enamel gigi. Bagaimana dengan diet soda? Diet soda mungkin mengandung sedikit gula, tetapi bisa mengandung lebih banyak asam dalam bentuk pemanis buatan. Dan untuk kopi, kopi bisa meninggalkan noda dan membuat gigi kita menjadi kuning.

5. Mengunyah Es Batu
Es batu memang bebas gula, tapi bukan berarti mengunyah es batu tidak memiliki dampak buruk. Mengunyah es batu bisa membuat gigi retak atau patah. Belum lagi suhu dingin es batu bisa membuat gigi jadi lebih mudah sensitif. Jika memang Anda sudah sangat ingin mengunyah es batu, Anda bisa menggantinya dengan permen karet bebas gula.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s