:: 8 Jenis Makanan Pilihan Untuk Kesehatan Gigi ::

8-jenis-makanan-pilihan-untuk-kesehatan-gigiCNI DC715 Disarikan dari foxnews.com, pakar diet Tanya Zuckerbrot MS, RD sempat memaparkan jenis-jenis makanan pilihan untuk mendukung senyum yang lebih indah, dan tentu, kualitas gigi yang terjaga. Silakan simak daftarnya berikut ini seperti dilansir dari Readers Digest Indonesia:

1. Nanas
Enzim bromelain yang terkandung pada nanas berperan sebagai penghilang noda alami. Bromelain sanggup menghancurkan plak, yakni tempelan bakteri yang membentuk selaput pada gigi Anda. Buah-buahan berjenis sitrus seperti jeruk pun memicu produksi air liur, yang sanggup membersihkan gigi Anda secara alami.

2. Bayam
Sayur-sayuran berwarna hijau pekat seperti bayam, selada dan kubis mengandung percampuran sejumlah mineral, termasuk magnesium. Senyawa ini lantas membentuk lapisan anti noda pada gigi yang membantu enamel gigi Anda supaya tetap lebih putih.

3. Apel
Gigitan pada kulit yang keras serta buahnya yang padat menimbulkan efek gerakan menyikat, pada proses ini Apel berperan dalam menghilangkan plak. Sementara itu, proses pembebasan asam malat (malic acid) membantu menghancurkan selaput yang bisa mengusamkan gigi. Sedangkan buah-buahan dan sayur-mayur yang memiliki kadar selulosa tinggi seperti wortel dan seledri memiliki sifat abrasif alami, sehingga membantu menghilangkan noda pada permukaan enamel.

4. Salmon
Jenis-jenis ikan yang hidup di air dingin mengandung omega 3 dan fosfor yang mampu membantu menguatkan enamel gigi. Ikan salmon, terutama, merupakan sumber terbaik vitamin D yang membantu penyerapan kalsium untuk memperkuat gigi Anda.

5. Stroberi
Seperti juga pada apel, buat stroberi mengandung asam malat yang meredam pemudaran warna gigi. Tekstur buah yang agak kasar berperan dalam mengilapkan enamel, demi tampilan gigi Anda yang lebih putih dan lembut.

6. Wortel
Dengan mengunyah beberapa batang wortel nan renyah bisa membantu mengikis penumpukan makanan dan di saat bersamaan juga meningkatkan produksi air liur, si pembersih alami mulut Anda. Ditambah lagi, wortel juga kaya akan vitamin A yang mendukung kesehatan enamel.

7. Bawang bombay
Saat masih dalam kondisi belum dimasak, bawang bombay mengandung dua senyawa sulfur, yakni thiosulfinates dan thiosulfonates, yang mengurangi kuantitas bakteri pemudar warna gigi. Selain bawang bombay, jenis bawang putih juga mengandung kombinasi dua jenis sulfur tadi.

8. Yoghurt, susu, dan keju
Produk-produk yang mengandung susu diperkaya berbagai jenis mineral seperti kalsium dan fosfor, yang membantu menguatkan enamel dan memperindah gigi. Sedangkan protein pada yoghurt melekat dengan gigi,membuatnya tahan terhadap pembusukan.
Salah satu jenis keju, yakni keju keras memiliki peran memutihkan. Teksturnya yang sedikit kasar membantu menghapuskan partikel-partikel kecil makanan dan melembutkan permukaan enamel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s