:: Ragam Manfaat Coklat untuk Kesehatan ::

ragam-manfaat-coklat-untuk-kesehatanCNI CD715 Coklat adalah makanan populer yang digemari banyak orang, coklat dapat dikreasikan menjadi makanan, minuman, kue-kue ataupun es krim. Tapi ternyata selain rasanya yang lezat, coklat juga tinggi kandungan  flavonoidsnya sehingga mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Coklat telah banyak diteliti untuk mengetahui efektifitas manfaatnya terhadap berbagai macam penyakit, seperti  penyakit jantung, penyakit pada kulit & sembelit (konstipasi). Akan tetapi masih belum banyak penelitian yang mendukung penggunaan coklat untuk mengobati penyakit pada manusia.

Manfaat kesehatan dari coklat berikut ini telah diuji pada hewan & manusia, meskipun tidak memiliki bukti ilmiah yang jelas. Kemudian karena beberapa penyakit yang disebutkan ini termasuk penyakit yang serius, maka disarankan untuk dilakukan evaluasi ke dokter dulu sebelum memutuskan untuk melakukan terapi dengan coklat.

  1. Anti oksidan. Coklat kaya akan flavonoids yang dapat melindungi tubuh terhadap efek merugikan dari bahan kimia yang disebut radikal bebas.
  2. Anti pembekuan darah. Ada beberapa penelitan yang menunjukkan bahwa kandungan flavonoids dalam coklat mempunyai efek mengencerkan darah.
  3. Manfaat terhadap kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tinggi kandungan flavonoids nya dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.
  4. Sembelit (konstipasi). Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa serta dari kulit biji coklat dapat membantu mengatasi sembelit (konstipasi) pada anak-anak.
  5. Hiperkolesterolemia. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lemak coklat atau coklat dapat membantu menurunkan kolesterol.
  6. Hipertensi. Beberapa penelitian, meskipun tidak semua juga menunjukkan bahwa coklat dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  7. Penolak nyamuk. Penelitian pendahuluan juga menunjukkan bahwa minyak coklat dapat efektif sebagai penolak nyamuk.
  8. Pelindung kulit. Flavonoids dapat melindungi kulit dari efek merugikan sinar matahari.
  9. Penyembuh luka. Lemak coklat dapat membantu melembapkan kulit, mencegah terbentuknya stretch marks saat hamil & membantu penyembuhan luka bakar ringan pada kulit.

Perhatian khusus
Sebaiknya hindari konsumsi coklat pada orang yang mempunyai alergi terhadap coklat, kakao & hasil olahannya maupun kafein. Selain itu karena coklat juga mengandung kadar kafein yang cukup tinggi, maka dapat juga terjadi beberapa efek samping yang berkaitan dengan kadar kafein tersebut. Coklat juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, meningkatkan resiko terjadinya pendarahan. Untuk anak-anak juga sebaiknya diberikan dengan pengawasan karena dapat meningkatkan resiko obesitas.

Yang terpenting adalah jangan gantikan pengobatan yang sedang dijalani saat ini dengan terapi coklat, tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter karena terapi-terapi tersebut hanya bersifat penunjang & belum disertai dengan bukti ilmiah yang cukup.(mayoclinic.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s