:: Secangkir Coklat Hangat Sebelum Tidur Dapat Meningkatkan Daya Ingat ::

secangkir-coklat-hangat-sebelum-tidur-dapat-meningkatkan-daya-ingatCNI DC715 Kemampuan daya ingat atau memori seseorang biasanya dihubung-hubungkan dengan faktor usia, semakin tua usia seseorang akan semakin melemah kemampuan daya ingatnya. Namun baru-baru ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam coklat mampu meningkatkan daya ingat seseorang jika dikonsumsi secara teratur.

Seperti dilansir Dailymail, para peneliti menggunakan sejumlah orang berusia 50 hingga 69 tahun. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diberikan flavanol coklat dengan dosis tinggi sedangkan kelompok yang lainnya diberikan flavanol coklat dengan dosis yang rendah.

Mereka menemukan bahwa ketika peserta diberikan tugas mengingat, peserta yang mengonsumsi dosis tinggi flavanol coklat selama tiga bulan mampu menjawab yang jauh lebih cepat daripada mereka yang menerima dosis flavanol coklat lebih rendah.

Studi ini menemukan bahwa bahan utama dalam coklat mampu membalikkan penurunan memori yang berkaitan dengan faktor usia pada orang tua yang sehat. Selain itu coklat juga bisa membantu mencegah demensia dengan meningkatkan aliran darah ke suatu bagian dari otak yang membantu meningkatkan memori.

Temuan yang dipublikasikan secara online oleh jurnal Nature Neuroscience, memperkuat hubungan antara daerah otak tertentu dan penurunan memori normal.

Dr Clare Walton, manajer penelitian di Masyarakat Alzheimer, mengatakan, “Studi ini dirancang dengan baik tapi kecil menunjukkan antioksidan yang ditemukan dalam coklat dapat meningkatkan kinerja kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke daerah tertentu dari otak.

Para peneliti di Columbia University Medical Centre di Amerika Serikat, yang melakukan penelitian itu, mengatakan ia menyediakan bukti langsung pertama bahwa salah satu komponen penurunan memori yang berkaitan dengan usia pada manusia disebabkan oleh perubahan di daerah tertentu dari otak dan bahwa bentuk penurunan memori dapat ditingkatkan dengan intervensi diet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s